Sejuta Pohon web

PT IPC Libatkan 300 Siswa Hijaukan Lingkungan

SAMARINDA – Gebrakan menanam sejuta pohon yang dicanangkan Gubernur Awang Faroek Ishak sebagai perwujudan program Kaltim Green mendapat dukungan berbagai pihak. Kali ini, salah satu perusahaan tambang batubara PT Internasional Prima Coal (IPC) bekerjasama dengan Lembaga Pemberdayaaan Masyarakat (LPM) Bantuas melaksanakan aksi penanaman 1.000 pohon di areal kerjanya di daerah Bantuas, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Sabtu (5/3).

“Aksi penanaman 1.000 pohon ini sebagai wujud komitmen kami terhadap program pemerintah untuk melestarikan lingkungan, terutama di sekitar lokasi perusahaan kami. Kami sendiri merangkul LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) setempat guna mewujudkan program CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan ini,” ucap Koordinator CSR PT IPC, Heryawan Bernama di sela-sela acara penghijauan itu.

Kegiatan penghijauan ini tak hanya melibatkan karyawan dan masyarakat, melainkan juga sekitar 300 siswa SD dan SMP. Upaya ini dimaksudkan untuk menggiring pola fikir generasi penerus bangsa agar menjadi “generasi hijau” yang sehat dan peduli lingkungan. “Aksi ini kami harapkan menjadi investasi pemikiran mereka. Harapan kami, kedepannya akan tercipta generasi yang sehat dan cinta lingkungan karena SDA (sumberdaya alam) merupakan modal bagi kehidupan yang harus dijaga,” harapnya.

Selain itu, manajemen perusahaan ini juga bekerjasama dengan kontraktor untuk melakukan perawatan terhadap pohon-pohon yang ditanam. Karena itu, upaya rehabilitasi lahan-lahan kritis seperti sebelum ditambang diharapkan bisa terwujud. “Kami bekerjasama dengan kontraktor untuk mengawasi penanaman dan perawatan pohon di lahan bekas tambang ini,” timpalnya.

Aksi lainnya berupa penyerahan sejumlah white board kepada tiga SD dan satu SMP. Penyerahan papan tulis putih sebagai pengganti papan tulis pakai kapur ini sebagai upaya menciptakan generasi yang sehat. Bahkan, PT IPC pun berencana mengucurkan beasiswa kepada siswa berprestasi, pengadaan air bersih, semenisasi jalan dan gang-gang sebagai wujud ikut membangun lingkungan masyarakat sekitar.

Sementara pemrakarsa penanaman yang juga ketua LPM Bantuas, M Bambang BI mengharapkan, aksi ini dapat diikuti perusahan-perusahaan lain yang beroperasi. “PT IPC sudah memulainya, dan kami berharap aksi ini menjadi contoh bagi perusahaan lain memiliki komitmen yang sama melaksanakan CSR seperti menghijaukan lingkungan,” ujarnya seraya menimpali di wilayah Palaran dan sekitarnya telah beroperasi puluhan perusahaan tambang batubara sejak tahun 2006.

Wilayah Palaran dan sekitarnya seperti diketahui menjadi salah satu wilayah di Kota Samarinda yang terasa gersang. Kesan ini akibat maraknya operasional sejumlah perusahaan tambang batubara yang kurang mempedulikan kelestarian lingkungan. Tak heran kalau Gubernur Awang Faroek sendiri menghendaki agar semua perusahaan yang merusak lingkungan di Kaltim supaya ditindak tegas sesuai aturan

Sumber : http://diskominfo.kaltimprov.go.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>